DomestikHot NewsNews

Serangan Sinar Laser Makin Marak Di Makassar

Infopenerbangan,- Serangan sinar laser terhadap pesawat yang akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar semakin ramai beberapa hari terakhir ini. Setidaknya 15 pilot melaporkan adanya serangan laser ke pesawat saat akan mendarat di bandara.

Pada Jumat malam, 7 Juli kemarin, empat pilot kembali melaporkan adanya serangan laser ke badan pesawat. Empat pesawat yang mendapatkan teror serangan laser yakni Lion Air 777, Sriwijaya Air 726, Batik Air 6183, Citylink 612 dan Lion Air 640.

Disebutkan, serangan sinar laser tersebut bersumber dari arah yang sama pada serangan sebelumnya, dan para pilot mengatakan laser mengenai bagian kanan badan pesawat.

“Selasa lalu, ada tujuh laporan yang kami terima. Kemudian besoknya ada tiga laporan, kemudian Jumat malam tadi ada lima laporan serangan laser. Total ada 15 serangan,” ungkap General Manager MATSC Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), Novy Pantaryanto dalam keterangan persnya di Makassar, Jumat (7/7/2017) malam.

“Dari 220 bandara yang kami awasi, Makassar peringkat pertama untuk ruang udara yang paling banyak mendapatkan serangan laser. Serangan seperti ini juga ada di Batam, Bali, dan Singapura tapi jumlahnya tidak sebanyak di Makassar,” tambahnya.

Sepanjang Januari hingga Juli tahun ini misalnya, tercatat pilot yang mendapat serangan laser saat hendak mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sudah mencapai 50 kali.

Selama 2017 ini, sampai 50 serangan. Tapi tidak setiap hari, ada yang kosong, ada satu laporan, ada dua,” ungkapnya. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker