skytrain bandara soekarno-hatta

Infopenerbangan,- PT Angkasa Pura II menyatakan akan mulai mengoperasikan skytrain di Bandara Soekarno-Hatta pada 17 September mendatang. Rute awal yang akan dioperasikan kereta ini adalah dari terminal 2 ke terminal 3, selanjutnya akan beroperasi penuh dalam beberapa bulan ke depan.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa (12/9), mengatakan rangkaian skytrain bisa dinikmati gratis dan dapat mengangkut 176 penumpang dalam satu gerbong. Nantinya, setelah beroperasi dari Terminal 3 ke Terminal 2 pada tahap awal, rute rangkaian skytrain akan berkembang menuju bangunan integrasi sebelum melanjutkan perjalanan ke Terminal 1.

Namun, selama enam bulan pertama, kereta tanpa awak ini akan dikemudikan terlebih dahulu oleh sopir. “Karena memang dalam periode enam bulan pengoperasian, paling cepat itu baru bisa driverless. Kan ada pertimbangan factor safety dan resiko,” pungkasnya.

Skytrain dioperasikan untuk mengakomodasi perpindahan penumpang dari satu terminal ke terminal lainnya. Fasilitas kereta tanpa awak yang diklaim pertama di Indonesia itu menggunakan teknologi automated guided transit (AGT), artinya moda transportasi ini bergerak tanpa bantuan pengemudi. (*/NP)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here