DomestikHighlightHot NewsNews

Transit KRL Hingga KA Bandara, Stasiun Manggarai Akan Dibangun 2 Lantai

Infopenerbangan.com, Jakarta – Stasiun Manggarai akan menjadi transit KRL, KA jarak jauh, dan KA bandara. Stasiun ini akan dibangun 2 lantai untuk ditingkatkan kapasitasnya hingga kelar 2019.

“Kenapa Manggarai, karena Manggarai adalah satu stasiun yang jadi pusat transit dari Commuter ke stasiun KA jarak jauh. Kita akan bikin dua lantai. Kapasitas nambah,” demikian jelas Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Hal itu dikatakan Budi saat meninjau pelayanan KRL dari Stasiun Juanda ke Stasiun Manggarai pada Rabu (10/2016). Budi naik KRL dari Stasiun Juanda ke Stasiun Manggarai.

“Manggarai tingkat selesai pada awal 2019. Tidak mudah karena dikerjakan tanpa harus menganggu operasional sama sekali,” jelas dia.

Dia menambahkan, pihaknya memikirkan bagaimana Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dia berharap target 1,2 juta penumpang per hari untuk KRL Commuterline Jabodetabek akan tercapai.

“Sekarang sehari 800 ribu, nantinya 1,2 juta per hari,” jelas dia.

Stasiun Manggarai memang nantinya juga sebagai stasiun KA bandara. KA Bandara memiliki rute Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. KA Bandara ini direncanakan memiliki panjang lintasan 36,3 km yang terdiri dari 24,2 jalur lama dan 12,1 km jalur baru.

Stasiun KA Bandara ditargetkan kelar 2017. Hingga saat ini proyek KA Bandara masih terganjal pembebasan lahan untuk pengembangan lintasan yang baru. Mengenai pembebasan lahan ini, Budi mengatakan sedang dilakukan negosiasi.

“Sekarang ini sedang dilakukan kesepakatan mengenai harga, administrasi, insyallah 1 bulan selesai, karena kita tahu kereta bandara itu harus bisa selesai Maret 2017. Jadi kita melakukan itu dengan upaya semaksimal mungkin,” jelas dia.

Seperti dikutip dari DetikNews.com Rabu (10/8/2016)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker