Hot NewsInternasionalNews

UBS: Peminat Pesawat Tanpa Pilot Sedikit

Infopenerbangan,- Kehadiran pesawat udara tanpa pilot yang tengah dicanangkan untuk industri pesawat terbang ternyata tidak menarik minat pengguna maskapai. Dari sejumlah 8.000 koresponden yang diwawancara, sekitar 54 persen tidak berminat memilih pesawat tanpa pilot. 

Koresponden tersebut terdiri dari kalangan lanjut usia bersikeras bahwa mereka tidak akan terbang dengan pesawat berpilot, sedangkan lebih dari separuhnya yaitu mereka yang berusia 45 tahun dan yang di atasnya mengabaikan gagasan tersebut.

Hanya 17% dari mereka yang diwawancara memilih untuk melakukan penerbangan dengan pesawat tanpa pilot, dan kebanyakan adalah anak-anak muda yang bersedia mencoba dan kelompok dengan usia 25 sampai 34 tahun yang ingin terbang dengan jenis pesawat tersebut.

Namun meskipun koresponden meragukan tentang  sistem keselamatannya, UBS malah menunjukkan bahwa pesawat tanpa pilot akan membuat perjalanan tersebut menjadi lebih aman.

Laporan tersebut menemukan bahwa sekitar 70% sampai 80% kecelakaan yang terjadi adalah akibat kesalahan manusia, yaitu faktor kelelahan yang dialami pilot sebanyak 15% sampai 20%.

UBS mengatakan dengan adanya pesawat tanpa pilot, perusahaan penerbangan dapat menghemat biaya lebih dari $26 miliar atau Rp346 triliun yang dipakai untuk menggaji pilot, dengan memperkenalkan pesawat tanpa pilot dan menambahkan bahwa langkah tersebut akan menyelamatkan industri jet bisnis hingga US$3 miliar atau Rp39 triliun dan helikopter sipil sekitar US$2,1 miliar atau Rp26 miliar. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker